Minggu, 29 Mei 2011

MODEL SEKOLAH MASA DEPAN

MODEL SEKOLAH MASA DEPAN



Selama ini kita pernah mengalami sekolah dengan bentuk berada di ruangan di damping oleh seorang pembimbing yang kita namakan guru. Sebagai guru tugas pembimbing tersebut selalu terasa kurang karena ilmu yang di miliki oleh guru yang satu dan yang lain tentunya berbeda, sesuai dengan kapasitas mereka masing- masing. Sekolah sekarang juga masih menggunakan banyak hal yang bisa mencemari lingkungan, seperti penggunaan kertas dan alat tulis seperti spidol untuk papan tulis dan lain sebagainya.

Pada masa depan nanti, sebenarnya sudah di mulai saat ini kita harus mulai menciptakan lingkungan yang sehat dengan mengurangi limbah yang tidak dapat di daur ulang. Sekolah pada masa depan yang sedikit ke depan, akan menyediakan buku panduan secara digital, sehingga setiap murid dapat mendowload buku panduan yang wajib di miliki secara langsung tanpa membeli. Hal yang di harapkan adalah keseragaman buku panduan untuk seluruh Indonesia.

Pada masa yang lebih depan lagi nantinya, semua sekolah akan mengurangi jumlah guru. Fungsi guru akan di gantikan oleh peralatan elektronik semacam layar monitor yang akan menayangkan isi dari mata pelajaran yang di bahas saat itu di sertai dengan foto dan penjelasan secara visual supaya murid dapat lebih mengerti akan pelajaran yang sedang di pelajari. Setiap pertanyaan yang ingin diajukan akan ditulis untuk diajukan ke kantor pusat di mana seorang guru telah disiapkan untuk menyeleksi dan menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diterima.

Pada masa yang lebih mendatang lagi, setiap murid akan menggunakan tablet PC untuk mendapatkan materi pelajaran. Dan mereka akan mengerjakan tugas di situ juga, sedangkan penilaian akan di lakukan secara nasional melalui jaringan internet. Fungsi tablet PC juga dapat mengoreksi kesalahan yang mungkin di perbuat oleh seorang murid sewaktu mereka menuliskan sebuah pelajaran di situ. Jadi ketika ada ujian yang mengharuskan murid menuliskan ‘ini budi’ misalnya, pada saat menuliskan ‘ini’ saja terjadi kesalahan maka software di tablet PC tersebut langsung akan mengoreksi dan meminta murid menuliskan kembali dengan benar.

Entah pada masa yang lebih mendatang lagi akan bagaimanakah cara belajar kita, pastinya segalanya akan berubah. Semoga berubah ke arah yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar